Perang Permen: Pemanis Belajar di kelas

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa otak bekerja sangat baik saat berada dalam kondisi yang rileks namun tetap terjaga. Dalam kondisi ini,otak bekerja dalam gelombang Alfa.

Salah satu cara termudah untuk membuat otak berada dalam gelombang Alfa adalah dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan. Bagi seorang guru/pendidik terkadang tak mudah melakukan aktivitas yg menyenangkan bagi siswa didiknya.
Nah,berikut ini Sy bagikan salah satu permainan yang bisa digunakan untuk membangkitkan gairah anak anak untuk belajar. Permainan panen permen namanya.


——————–

Bahan yang digunakan sangat sederhana.
Yang kita butuhkan hanya 3 jenis permen sejumlah pemain,lalu membungkus 3 permen dengan jenis berbeda daalm 1 plastik kecil.


Cara bermainnya pun tidak rumit. Kira kira begini tahapannya:
1. Setiap siswa diberikan 1 paket permen (berisi 3 jenis berbeda: misalkan warna ya merah kuning dan biru)
2. Setiap siswa secara bergiliran diminta untuk memperkenalkan diri dan menyebutkan 3 hal: yang dibenci, yang disuka dan impiannya
3. Permen warna merah mewakili hal yang dibenci, permen biru mewakili hal yang disuka dan permen kuning mewakili impiannya.
4. Setelah seluruh siswa selesai berkenalan, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berburu permen. Caranya? Siswa harus mendatangi siswa lainnya lalu menebak apa hal yang dibenc, disuka atau impiannya. Jika jawabannya benar,maka siswa yg menebak tadi mendapatkan permen sesuai hasil tebakannya.
5. jika berhasil menebak hal yang dibenci maka ia mendapatkan permen merah. Jika berhasil menebak yg disuka ia mendapat permen biru dan seterusnya.
6. Berikan siswa waktu 3 menit untuk berburu dan memanen permennya.
7. Di akhir permainan,hitung jumlah perrmen yang berhasil dikumpulkan oleh setiap siswa. Siswa yang mendapatkan permen paling banyak adalah pemenangnya.

——————–

Mudah kan?
Silakan dipraktekkan bersama siswa Didik. Semoga bs menambah keceriaan dan kesiapan belajar mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *