Memanfaatkan Board Game untuk Pengajaran

“Pak, bisa ga sih kita make permainan ular tangga untuk pelajaran?”
Begitu tanya salah seorang peserta saat beberapa waktu lalu saya berbagi tentang gamifikasi dalam pendidikan dalam sebuah seminar.
.
Jawabannya?
.
Berdasarkan ajaran yang saya dapatkan dari mastah game indonesia, mas @enugroho ,sangat mungkin, Hanya saja kita memang perlu memerhatikan konteks pembelajarannya. Agak garing dan kurang ‘nempat’ klo kita langsung niru plek cara main ular tangga dengan pelajaran di sekolah. Perlu diperhatikan dulu tujuannya untuk apa, tahapan pembelajarannya seperti apa, bagaimana kondisi siswa dan sebagainya. Sebab membuat permainan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada proses pemikiran yang (boleh jadi) sangat panjang agar permainan yang kita ciptakan tidak sekedar berujung kesenangan, tapi juga menjadi penuh makna. (Cmiiw klo keliru ya mas @enugroho 🙏)
.
Sekitar sepekan yang lalu saya mencoba merancang sebuah permainan papan (board game) sederhana sebagai sarana pembelajaran murid-murid saya.

Hasilnya?
.
Murid-murid saya senang dan mereka memahami makna dari energi ionisasi. Semoga fakta bahwa 90% siswa mampu menjawab post test tentang energi ionisasi benar-benar menjadi bukti bahwa pembelajaran ini tidak hanya menyenangkan belaka, namun juga bermakna.

 


Materi pembelajaran: Kimia kelas X – Sifat periodik – energi ionisasi.
Tujuan pembelajaran: membuat siswa memahami konsep energi ionisasi dan pembentukan molekul
Pre-kondisi: siswa mengetahui cara menentukan konfigurasi elektron, mengetahui konsep kulit pada atom, mengetahui keterkaitan ukuran atom dengan tarik menarik antara inti dan elektron terluar.

Alat yang dibutuhkan:

1. Papan permainan ionization game
2. 10 Keping kation
3. 20 keping anion
4. 1 buah dadu
5. 50 butir energi (menggunakan manik-manik)
6. Tabel energi ionisasi kation yang digunakan

Cara bermain:
– Bentuk satu kelompok yang terdiri dari 4 orang
– Setiap kelompok mendapatkan 1 set peralatan seperti di atas
– Setiap orang dipersilakan memilih 1 keping kation di awal permainan
– Tugas setiap orang adalah membuat senyawa dengan cara mengumpulkan keping anion dan menggabungkannya dengan keping kation yang sudah teraktivasi
– Anion dapat diperoleh jika pemain menginjak papan ‘AMBIL ANION’
– pemain harus mengumpulkan butir-butir energi dengan cara menginjak papan energi
– Kation yang didapatkan akan teraktivasi jika pemain sudah memiliki energi yang sesuai dengan energi ionisasi kation yang dimilikinya. Misalkan: Si A memiliki kation Na+. Energi ionisasinya 500 kJ. Maka ia harus kumpulkan butir energi sebesar 500 kJ
– jika kation sudah teraktivasi dan pemain sudah memiliki anion, maka ia dapat membuat senyawa yang diinginkan
– Permainan dilakukan antara 15-20 menit.
– Pemain yang menjadi pemenangnya adalah pemain yang berhasil membuat senyawa paling banyak

Note:
Apabila pemain menginjak kotak ‘TERCYDUQUE’ maka pemain langsung mendapatkan butir energi sebanyak yang diperlukan untuk membuat sebuah senyawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *