Membentuk Kesiapan Siswa Sebelum Belajar dengan Ember Ilmu

Education’s purpose is to replace An empty Mind with open one.
Tujuan pendidikan adalah mengisi jiwa yang kosong. (Malcolm forbe)

Dulu saat di awal mengajar aku seringkali kesulitan mengatasi siswa yang acap kali tidak mau mengikuti instruksi, mengantuk, sulit memahami materi dan seabrek permasalahan lainnya. Tak jarang aku dibuat stress karena hal ini.
Selidik punya selidik, baca sana sini, ternyata salah satu penyebabnya adalah karena saat awal belajar siswa belum benar-benar siap belajar belajar. badan mereka di kelas bersama kita,namun pikiran mereka melayang kemana-mana.
.
Salah satu cara paling ampuh mengatasinya adalah dengan menciptakan kondisi yang membuat fokus mereka teralihkan dari aktivitas sebelumnnya ke aktivitas di kelas saat ini. Trik ember ilmu ini agaknya bisa memfasilitasi terwujudnya kondisi itu.
.
Bawalah ember kosong bersih ke dalam kelas. Lalu sampaikan pada mereka bahwa sebelum memulai belajar, kita (guru) ingin mengumpulkan ilmu dari kelas itu. Lalu Sebelum memulai aktivitas di kelas, kita dapat meminta siswa:
1. Mengambil ½ lembar kertas
2. Menuliskan materi yg mereka ingat sebelumnya di atas kertas
3. Remas kertas dan lemparkan ke dalam EMBER ILMU sambil berucap dengan lantang, “saya [NAMA] SIAP BELAJAR!”
.
Hasilnya?
.
Sebagian besar siswa tampak lebih siap Belajar dibandingkan sebelumnya. Yang biasanya ngantuk mulai bisa lebih fokus. Yang semula sulit diarahkan sekarang lebih mudah.
.
Kalaupun ada yg ngantuk, kita bisa ‘sentil’ mereka dengan pertanyaan sederhana, “Katanya tadi siap belajar??”, Atau ungkapan serupa, “yuk ah semangat lagi belajar. Kan tadi katanya siap belajar?” Dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *