Menyelami Pendidikan Finlandia Melalui Buku Sarat Makna

Finlandia mengejutkan dunia ketika siswa-siswinya yang masih berusia 15 tahun berhasil mencatatkan skor tertinggi di penyelenggaraan pertama PISA pada 2001. Ujian itu meliputi penilaian keterampilan berpikir kritis di matematika, sains dan membaca. Hingga kini negara mungil ini terus-menerus memukau. 

Sebagai seorang pendidik saya masih bertanya-tanya, “Bagaimana pendidikan Finlandia yang jam belajarnya pendek, PR-nya tidak banyak dan ujiannya tidak begitu terstandardisasi dapat mencetak siswa-siswa dengan prestasi yang sangat baik?”.

Setelah sebelumnya saya membaca buku Finnish lesson karya Pasi Sahlberg (tentang pengelolaan pendidikan secara makro di Finlandia), saya jadi makin memahami aspek mikro keberhasilan pendidikan Finlandia. Dan aspek mikro tersebut adalah cara pengajaran guru-guru di Finlandia yang sangat memukau.

Buku ini mengupas tuntas strategi-strategi pokok yang diterapkan oleh para pendidik di negeri Nordik agar proses pembelajaran mereka penuh makna. Disajikan dengan cara yang sangat menarik: dimulai dari pengalaman pribadi penulis, dasar filosofi hingga praktik baik. 

Melalui buku ini saya dapat mencoba menyelami bagaimana pola pikir, lingkungan dan budaya pengajaran yang dilakukan oleh para guru di Finlandia. Mengejutkan sekali. Ternyata memang banyak berseberangan dengan pola pikir guru yang ada di Indonesia bahkan di negara adidaya Amerika (sesuai pengajuan penulisnya). 

Sangat sedikit kesan menggurui dalam buku ini. Justru yang lebih banyak adalah refleksi penulis atas pengalamannya mengajar di Amerika (negeri asalnya) dengan Finlandia. Banyak refleksi yang Mind twisting alias mengobok-obok pemikiran kita sebagai pendidik.

Pokoknya top markotop. Buku yang menurut saya wajib dinikmati oleh setiap pendidik yang ingin menjadikan profesinya jauh lebih bermakna daripada sekedar bekerja.

Bagi yang belum sempet baca bukunya, bisa coba cek resume dalam bentuk infografis ini ya. Tinggal klik di tombol berikut.

Unduh infografis

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *