Buat Persiapan Ujian Lebih Mantap dengan Tour Galeri Kisi-Kisi Materi

Musim ujian akhir semester telah tiba. Jujur saja, sebenarnya momen ini adalah salah satu momen yang agak aku hindari. Suasana ujian era now masih sangat dekat dengan kesan menegangkan, sulit dihadapi dan rentan tekanan. Saat diharuskan membahas kisi-kisi ujian pun juga cenderung tidak kusenangi. Sebab umumnya saat membahas kisi-kisi (alih-alih menelaah ulang materi sedari awal semester) aktivitasnya cenderung monoton: siswa duduk di kelas dan guru berceramah menjelaskan poin-poin materi yang akan diujikan.

Tak mau menyerah pada keadaan, aku coba sajikan kisi-kisi pembelajaran dengan cara yang sedikit berbeda. Jika biasanya saat membahas kisi-kisi guru lebih aktif dan siswa cenderung pasif kini aku coba balik: siswa harus lebih aktif dalam pembelajaran.

Kisi-kisi materi yang dijukan aku coba kelompokkan berdasarkan rumpun materi yang sesuai. Selanjutnya informasi per rumpun materi disajikan dalam bentuk infografis atau catatan yang lebih ringkas. Sebisa mungkin semua informasi ringkas itu ditampilkan dalam satu lembar kertas berukuran A4 sehingga tampak seperti poster. Untuk memastikan mereka memahami kisi-kisi materi yang diujikan dengan baik serta sebagai bentuk umpan balik kepadaku, di bagian akhir poster aku sisipkan aktivitas yang harus mereka lakukan. Bisa berupa permainan sederhana maupun contoh soal yang harus mereka kerjakan.

Setelah semua poster tersedia, setiap poster ditempelkan pada area dinding kelas/dinding bangunan di sekolah. Saat pembelajaran akan dimulai siswa diberikan arahan untuk melakukan gallery walk. Mereka ditugaskan untuk mengamati setiap poster, membaca, memahami informasi di dalamnya serta melakukan aktivitas yang diminta di poster tersebut. Supaya tidak terlalu membludak di satu tempat saja, setiap pos dibatasi maksimal diisi oleh 3 siswa saja. Dan tentunya agar tidak melebihi waktu belajar, durasi gallery walk di setiap poster dibatasi 5 menit saja (atau bisa disesuaikan dengan waktu yang dimiliki).

Hasilnya? Berdasarkan lembar kerja yang kuperiksa, 80% dari mereka memiliki tingkat keaktifan yang tinggi, dalam artian siswa menjalankan instruksi. Meskipun terkait pemahaman materi masih banyak yang perlu ditingkatkan lagi. Tapi paling tidak aktivitas yang mereka lakukan ditambah dengan ringkasan materi yang diberikan kuharap dapat menjadi bekal bagi mereka untuk menelaah lagi materi apa saja yang telah mereka pelajari semester ini.

Semoga dengan ini mereka siap untuk menghadapi ujian akhir semester dan siap untuk mendapatkan nilai terbaik dari proses pembelajaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *