Mengenalkan Silabus di Awal Semester dengan Permainan Kibar Bendera

Tahun ajaran baru sudah di depan mata. Bisa jadi bagi sebagian guru yang, ini adalah petaka. Karena itu berarti kita akan bertemu dengan siswa baru yang karakter nya sama sekali tidak kita tahu.
“Gimana kalo nanti kelasnya garing?”
“Duh, mereka bakalan dengerin aku ga ya?”
“Wah, jangan sampai krik krik nih kelasnya.”
Semua itu adalah monolog yang acap kali muncul dalam diri saya saat tahun ajaran baru datang.
Sebagai salah satu bentuk strategi mencairkan suasana, saya mencoba untuk mengawali pertemuan perdana dengan permainan kibar bendera.
Tujuan permainannya sederhana: siswa mengetahui apa saja hal yang akan dipelajari selama satu semester kedepan.
Sebelum permainan dimulai saya buatkan bendera dari kertas Manila yang dipotong segitiga lalu ditempelkan ke sedotan lancip ukuran besar sejumlah materi yg akan dipelajari.
Pada setiap bendera saya tuliskan materi yang akan dipelajari. 1 materi 1 bendera. Misalkan saya punya 28 hal yang akan dipelajari. Itu artinya ada 28 bendera yang berbeda.
Sebagai peralatan pelengkap permainan saya buatkan 10 lembar kertas ukuran A4 berisi gambar jejak yang sudah di laminating.
Setelah semua perlengkapan siap, sebelum pelajaran dimulai, saya tancapkan bendera-bendera itu di suatu area di lingkungan sekolah. Jaraknya saya buat tidak terlalu berjauhan agar mudah diambil.
Selanjutnya saat pertemuan perdana, setelah berkenalan dan menyesuaikan keadaan, saya ajak siswa ke lapangan. Saya bagi mereka menjadi 3 kelompok besar (1 kelompok 6-7 orang).
Setiap kelompok akan mendapatkan 3 lembar kertas jejak yang sudah dilaminating.
Aturan permainannya sederhana.
Diibaratkan saat ini mereka berada di daerah pasir hisap. Setiap kelompok bertugas mencari sebanyak-banyaknya bendera yang ada di area pasir hisap itu. Agar bisa berjalan, siswa harus berpijak di atas alat berupa kertas yang dilaminating. Jika ada peserta yang kedua kakinya tidak berpijak pada kertas laminating maka peserta itu akan terhisap dan mati (ga bisa ikut permainan selanjutnya).
Agar semakin menarik, permainan perlu dibatasi waktu. Saat itu saya berikan waktu kepada mereka selama 15 menit. Kelompok yang berhasil mengibarkan bendera paling banyak adalah pemenangnya.
Setelah permainan usai kita bisa mengajak siswa membaca setiap tulisan yang ada pada bendera. Lalu kita bisa kelompokkan materi ajar tersebut sehingga mereka punya gambaran materi apa saja yang akan mereka pelajari selama 1 semester kedepan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *