Memanfaatkan Dadu Untuk Membuat Pembelajaran Jadi Lebih Menyenangkan

Seiring dengan berjalannya waktu, dadu semakin populer digunakan untuk beberapa permainan. Sebagai pendidik, bagaimana cara kita memanfaatkan dadu? Berikut ini adalah beberapa mekanika permainan (game mechanics) yang bisa kita adopsi untuk membuat pembelajaran di ruang kelas semakin berkesan dan bermakna.
 

Lempar dadu untuk melakukan sesuatu

Pada permainan ini, kita bisa menambahkan beberapa simbol pada dadu yang berkaitan dengan aktivitas. 
Misalkan kita beri simbol Berlari di sisi A, berjalan di sisi B, merangkak di sisi C, melompat di sisi D dan seterusnya. Lalu kita minta siswa melakukan hal tertentu sesuai dengan dadu yang ditampilkan.
Aktivitas ini bisa dilakukan untuk mengenalkan aktivitas tertentu kepada siswa usia rendah (balita). Atau bisa juga untuk aktivitas lainnya. Contohnya membagi tugas kelompok, tantangan kelompok dan seterusnya.
Dalam beberapa boardgame, dadu seringkali digunakan untuk melakukan suatu aksi dalam permainan.
 
 

lempar dadu untuk mengumpulkan sesuatu

Jenis mekanika permainan seperti ini sangat sering digunakan dalam kebanyakan boardgame. Pemain diminta melemparkan dadu untuk mengumpulkan poin, harta karun, angka dan lain sebagainya. Sangat cocok dikombinasikan dengan tipe mekanik pertama
 
 

Lempar beberapa jenis dadu untuk kombinasi aksi

Misalkan kita menggunakan 3 buah dadu: 2 dadu berisi jumlah, 1 dadu berisi aksi. Pemain melemparkan secara sekaligus ketiga dadu. Jika yang muncul adalah angka 2, 1 dan lompat maka pemain diharuskan melompat sebanyak 3 kali (2+1). Atau misalkan ada 3 buah dadu: 2 dadu berisi jumlah, 1 dadu berisi jenis koin yang dikumpulkan. Pemain melemparkan 3 dadu tersebut dan dadu menunjukkan angka 6, 1 serta koin emas. Maka pemain mendapatkan 7 koin emas.
 
————————————
 
Itu adalah 3 contoh penggunaan dadu sebagai mekanik permainan. Sebenarnya masih ada cukup banyak mekanika permainan lainnya yang menggunakan dadu. Salah satu yang paling powerful adalah mekanik permainan dadu Yahtzee. Seperti apa mekanik permainannya? Simak di postingan selanjutnya ya.
 
Omong-omong, bagi yang mau menggunakan dadu sebagai media permainan, bisa unduh template nya di tombol berikut ini ya. Tinggal dicetak, lalu dimodifikasi sesuai kebutuhan. Ada dadu 6 sisi, 8 sisi dan 12 sisi.
 
 
 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *